5 Destinasi Wisata Terfavorit Libur Hari Raya Idul Fitri

by | Feb 22, 2024 | Travel

Libur hari raya Idul Fitri atau lebaran menjadi momen paling dinanti bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, beberapa tahun terakhir ini kita telah mengalami masa-masa sulit karena dihantui Covid-19. Kita semua diharuskan menerapkan protokol kesehatan ketat, bahkan dilarang untuk berkumpul dan harus menghindari kerumunan demi mencegah penularan virus Covid-19. 

Kabar baiknya, keadaan sekarang sudah jauh lebih baik dibanding beberapa tahun kebelakang. Kalian dan keluarga kini sudah dapat berlibur dan merayakan hari raya Idul Fitri dan jugan berkumpul bersama keluarga. Masih bingung mau liburan kemana? Berikut rekomendasi destinasi wisata terfavorit yang cocok untuk liburan Hari Raya Idul Fitri.

Ancol, Jakarta

Ancol memang menjadi destinasi favorit ketika liburan hari Raya Idul Fitri, (Dunia Fantasi) selain tempat terbuka berupa pantai pengunjung juga bisa ke Dufan dimana banyak wahana permainan. Area Ancol yang luas dapat membuat pengunjung dapat menerapkan protokol kesehatan berjaga jarak. Selain itu di Ancol sendiri terdapat restoran yang dapat menjadi tempat makan bersama keluarga atau teman dengan pemandangan pantai dan laut yang menenangkan.

Anyer, Banten

Opsi kedua bagi warga Jakarta dan sekitarnya adalah Anyer. Anyer merupakan daerah di banten yang mana memiliki pantai membentang dan luas. Untuk yang sedang ingin wisata ke pantai namun tidak bisa pergi jauh seperti ke Bali dan Lombok, maka Anyer dapat menjadi pilihan terbaik. Pasir putih, laut biru dan desiran ombak yang menenangkan dapat menjadi tujuan liburan hari Raya Idul Fitri yang bagus untuk keluarga.

Liburan hari Raya Idul Fitri di Anyer tentu tidak akan repot karena telah banyak resort, hotel untuk menginap dan restoran bagus untuk menyantap makanan favorit kamu dan keluarga. Pengunjung dapat berenang di laut lepas, bermain pasir di bibir pantai hingga berjemur menikmati kelapa.

Jembatan Ampera, Palembang

Bagi warga Sumatera Selatan dan sekitarnya, Palembang bisa menjadi pilihan destinasi libur Hari Raya Idul Fitri yang mengesankan. Melihat megahnya jembatan Ampera, lalu mencicipi kuliner terkenal dari daerah tersebut yaitu pempek bisa menjadi opsi terbaik untuk mengisi libur lebaran kamu dan keluarga. Makanan dari olahan daging ikan dan ditambah kuah cuko yang khas bisa kamu nikmati ketika berlibur kesini.

Baca Juga  7 Wisata Yang Wajib Anda Tahu Sebelum Ke Bandung

Malioboro, Yogyakarta

Yogyakarta juga tujuan wisata yang menyenangkan. Melihat ramahnya masyarakat Yogya, budaya dan kesenian yang juga masih kental, membuat tempat tersebut menjadi destinasi yang paling dicari wisatawan. Jika kamu dan keluarga ingin berlibur ke Yogyakarta dengan tujuan selain pantai dan gunung merapi, kamu bisa ke Jalan Malioboro. Malioboro merupakan pusat kota Yogyakarta, di sana terdapat berbagai kuliner, pusat perbelanjaan hingga penginapan untuk para wisatawan. 

Bali

Pulau Dewata sudah menjadi destinasi favorit setiap kali momen liburan tiba, semua orang tentu akan setuju Bali merupakan tempat tujuan wisata yang favorit dan akan kembali lagi menikmati berbagai hal di sana. Pantai, kuliner, wisata hingga hiburan semua tersedia dan membuat wisatawan tidak perlu bingung mencari yang mereka mau. Walau mayoritas masyarakat Bali merupakan penganut agama Hindu namun hal ini bukanlah halangan.

Apabila kamu dan keluarga ingin berlibur hari Raya Idul Fitri di Bali tentu harus melakukan reservasi dari jauh-jauh hari kerena Bali akan selalu dipadati pengunjung dari Indonesia maupun mancanegara. Buat kamu dan keluarga yang menyukai pantai ataupun laut, kamu tidak usah khawatir karena Bali selalu punya opsi yang banyak, bahkan terdapat juga area pantai/resort pribadi yang hanya terbatas untuk beberapa pengunjung sehingga kamu dan keluarga tidak perlu takut berdesakan dengan orang lain.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu jelajahi saat liburan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga, sahabat, pasangan atau orang-orang spesial lainnya. Jangan lupa, pilihlah destinasi tujuan yang sesuai dengan budget yang telah kamu tentukan ya, agar liburan tetap berjalan menyenangkan.

Jay Wulan

Jay Wulan

Author

Salam! Saya biasa dipanggil Jay atau Wulan, pemilik blog ini. Saat ini saya bekerja sebagai Senior SEO Specialist di sebuah perusahaan Digital Marketing Agency di Singapura. Selain fokus pada SEO dan pemasaran digital, saya juga selalu tertarik dengan dunia traveling dan freediving.

Share this article

Related Post