7 Wisata Yang Wajib Anda Tahu Sebelum Ke Bandung

by | Sep 20, 2023 | Travel

Selama dua dekade terakhir, Bandung telah  menjadi kota wisata dengan banyak tempat wisata menarik  dan cukup familiar. Mulai dari wisata alam hingga berbagai jenis wisata kekinian. Apalagi bagi wisatawan asal Jakarta yang sering berkunjung ke beberapa kawasan di Bandung setiap akhir pekan untuk berwisata. Lembang, Pangalengan, Ciwidey adalah beberapa kawasan di Bandung dan Kabupaten Bandung yang menjadi destinasi wisata ikonik..

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole adalah tempat indah untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Daya tarik destinasi wisata baru di Lembang, Bandung Barat ini adalah  kawasan anggrek yang dilestarikan dan dibudidayakan di tengah hutan pinus yang terbilang terluas di Asia. Informasi terkini, terdapat kurang lebih 157 spesies anggrek dari seluruh  dunia  di destinasi wisata alam Cikole Lembang. 

Selain itu di Pusat Geowisata dan Ekowisata Lembang Bandung banyak dibangun fasilitas wisata  menarik untuk tempat hiburan, mulai dari lokasi pilihan paket outbound dan paket Family Gathering, karena selain luasnya juga udaranya juga yang sangat sejuk. Fasilitas wisata lainnya antara lain food court, food center, cafe, taman baca anak, spot foto di sky bridge, orchid clinic dan camping ground

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih merupakan tempat wisata yang terkenal di Bandung. Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat,  sekitar 50 km selatan dari kota Bandung, Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk setelah letusan Gunung Patuha. Seperti namanya, tanah  di kawasan ini berwarna putih karena adanya campuran unsur belerang. Selain tanah berwarna putih, air danau di kawasan Kawah Putih juga berwarna biru keputihan dan dapat berubah warna tergantung kandungan belerang, suhu, dan kondisi cuaca.

Kawah Putih Ciwidey terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2.400 meter. Pada ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan Kawah Putih tentunya dingin dengan suhu berkisar antara 8 derajat celcius hingga 22 derajat celcius, jadi ingatlah untuk membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal.

Untuk menjelajahi kawah dan sekitarnya, tersedia jalur pendakian yang nyaman dan terawat. Dengan banyaknya keindahan alam di sekitar Kawah Putih, inilah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Selain digandrungi wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga kerap menjadi tempat kegiatan lain seperti syuting dan melukis, foto prewedding, aktivitas mendaki dan berkuda

Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan adalah destinasi yang sedang hits di kalangan anak muda dan dewasa yang cocok bagi pecinta alam. Terletak di Pangalengan,Tempat wisata ini dikenal sebagai spot berkemah yang nyaman bersama teman-teman maupun keluarga. Taman Langit Pangalengan terletak di sebuah bukit yang memiliki ketinggian hingga 1.710 mdpl. Tak heran kalau udara yang ada di sini sangatlah sejuk karena terletak di dataran tinggi.

Selain pemandangannya yang sangat indah, di tempat wisata ini juga ada jembatan unik yang membentang di tengah-tengah kebun teh. Jembatan ini terbuat dari material kayu dengan panjang sekitar 200 meter lebih dan ketinggian yang berbeda-beda tergantung dari permukaan tanah perkebunan yang ada di bawahnya. Uniknya, di malam hari, jembatan ini memiliki penerangan lampu dengan cahaya kekuningan sehingga terlihat lebih cantik.

Nimo Highland Pangalengan

Nimo Highland merupakan salah satu jajaran wisata bandung terbaru yang langsung menjadi sorotan wisatawan. Wisata ini menyajikan pemandangan kebun teh dengan konsep Santorini Yunani yang memilki jembatan kaca yang cukup panjang, menjadikannya wisata yang populer dikalangan wisatawan yang hendak berlibur.

Nimo Highland menawarkan keindahan landscape yang memukau dengan suasana sejuk yang ditutupi kabut. Anda dapat menikmati view dengan konsep tempat 360 derajat berupa, pegunungan, kebun teh, panorama sunrise dan sunset, hingga situ cileunca.

Nimo Highland sendiri merupakan singkatan dari Nini Mountain, karena lokasi objek wisata di Pangalengan ini berada di Gunung Nini, tepatnya ketinggian 1.400 mdpl. Kawasan wisata Nimo Highland terbagi menjadi 2 bagian area yakni area atas yang menawarkan aktivitas menyaksikan pemandangan indah dan area bawah untuk menikmati berbagai wahana Nimo Highland.

Baca Juga  5 Destinasi Wisata Terfavorit Libur Hari Raya Idul Fitri

Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan yang sangat indah dipadukan dengan spot foto kekinian yang instagramable dan wahana permainan yang dapat Anda coba untuk memacu adrenalin, seperti berkuda, flying fox, ATV, dan wahana lain yang dapat Anda sewa.

The Great Asia Afrika Lembang

Jika Anda mencari hiburan  menarik, The Great Asia Afrika adalah pilihan yang bagus. Terletak di Lembang, tempat ini menawarkan banyak wahana  dan atraksi ramah keluarga. Anda dapat menikmati berbagai permainan dan menjelajahi taman hiburan yang menarik.

The Great Asia Afrika Lembang mengangkat tema wisata budaya dan edukasi, fokus pada keragaman budaya tujuh negara dari benua Asia dan Afrika, dengan sajian tradisional yang lezat.

Salah satu daya tarik utama di sini adalah kereta gantung Sky Rider yang menawarkan pengalaman seru di atas hutan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba banyak permainan air dan permainan lainnya. The Great Asia Afrika adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

The Great Asia Afrika yang tersebar di lahan seluas 5 hektar di dasar lembah menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan udara segar. Saat ini terdapat 7 gaya arsitektur rumah adat dari Korea, Thailand, India, Jepang, Indonesia, Afrika dan Timur Tengah.

Pengunjung dapat mencari foto di beberapa wahana yang disulap menjadi desa tradisional dari berbagai belahan dunia. Dilengkapi dengan rumah tradisional, bangunan ikonik, kebun binatang mini, lift dan fasilitas tambahan lainnya, destinasi wisata ini nyaman untuk perjalanan keluarga. Di sini Anda juga bisa menyewa pakaian tradisional seperti baju Jepang seharga Rp 150.000 (untuk 2 jam) dan baju India seharga Rp 85.000 (2 jam).

Rainbow Slide Lembang

Wahana baru di Floating Market Lembang ini dinamakan Rainbow Slide atau Seluncuran Pelangi karena keunikan perosotannya, khususnya perosotannya yang berwarna-warni. Seluncuran terpanjang di Bandung  terletak di Floating Market, Lembang dengan panjang 124 meter dan tinggi 18 meter. Rainbow Slide menggunakan ban yang dihias dan menjamin keamanan pengunjung karena terdapat tali yang dapat dipegang  pengunjung saat meluncur.

Pengunjung yang dapat mengikuti permainan ini harus memiliki tinggi badan minimal 120 cm, berat badan maksimal 100 kg, dan usia yang disarankan adalah di bawah 65 tahun. Jika membawa anak dibawah 5 tahun maka harus didampingi oleh orang dewasa agar ketika meluncur  satu ban dapat menopang 2 orang. Tidak ditujukan untuk wanita hamil dan orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau mereka yang takut  ketinggian. 

Sejak dibukanya pada tanggal 29 April 2022, wahana baru Floating Market ini langsung mendapat antusias tinggi para traveller, baik wisatawan lokal dari dalam Bandung maupun dari luar Bandung.Tidak hanya itu saja, karena lokasi Rainbow Slide di Floating Market, maka anda juga bisa menjajal wahana seru lainnya di sana serta menjajal aneka menu makanan enak di pusat kuliner Floating Market di Lembang ini.

Jembatan Gantung Rengganis

Berkunjung ke Bandung, Jawa Barat memang seru karena banyak tempat hits yang pastinya instagenic untuk memanjakan keluarga di hari liburnya. Ketika pergi ke Ciwidey, cobalah explore keindahan dan pesona dari Rengganis Suspension Bridge. Jembatan dengan panjang sekitar 370 meter dengan ketinggian 70 meter diatas jurang akan memanjakan Anda.

Jembatan Gantung Rengganis menjadi satu dari sajian pesona wisata viral di Bandung yang rekomended untuk Anda lewati guna berlibur. Wisata Bandung memang tiada habisnya menawarkan ragam destinasi terbaru yang rekomended untuk traveler lewati. Explore kawasan Ciwidey, Anda bisa menikmati ragam wisata alam terbaik yang hits dengan spotnya masing-masing.

Keamanan jembatan tersebut diklaim telah teruji. Meski begitu, para pengunjung dilengkapi dengan tali pengaman yang kuat saat melintas ke lokasi. Rasakan sensasi menyebrang diatas jembatan iconic Bandung satu ini untuk perjalanan dan pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

Itulah tujuh destinasi wisata wajib yang harus Anda kunjungi saat berkunjung ke Bandung. Setiap tempat memiliki pesona dan pengalaman uniknya sendiri, menjadikan Bandung sebagai tujuan liburan yang sempurna bagi siapa pun. Plan your trip now and make the most of your Bandung adventure!

Widy Rahayu

Widy Rahayu

Author

Biasa di panggil Widy. Saat ini masih dalam proses menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sangga Buana, Bandung. Selain kuliah, Widy merupakan Freelance SEO Writer yang sangat menyukai industri kuliner dan lifestyle. Semoga tulisan Widy bermanfaat!

Share this article

Related Post