Kuliner Khas Tasikmalaya: Rekomendasi Makanan dan Minuman

by | Apr 12, 2024 | Kuliner

Kota Tasikmalaya, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, dikenal sebagai “Si Mutiara dari Priangan Timur”. Kota ini juga dikenal sebagai Kota Santri. Tapi Tasikmalaya tidak hanya terkenal karena pesantrennya. Kota ini juga terkenal dengan makanan tradisionalnya yang lezat. Dari makanan tradisional yang lezat hingga segar yang menyegarkan, Tasikmalaya menawarkan banyak pilihan makanan dan yang patut dicoba. Mari kita lihat apa yang ada di makanan di Kota Seribu Pesantren ini.

Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya

Salah satu makanan khas Tasikmalaya yang harus Anda coba adalah “Nasi Tutug Oncom”. Ini adalah sajian khas sunda yang terdiri dari nasi yang dicampur dengan oncom, sebuah olahan fermentasi kedelai yang khas dari Jawa Barat. Nasi Tutug Oncom disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal. Cita rasanya yang kaya dan unik, serta tekstur yang lembut dari oncom yang dicampur dengan nasi hangat.

Kupat Tahu Mangunreja

Kunjungan ke Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Dari sekian banyak jenis kupat tahu, Kupat Tahu Mangunreja adalah yang paling disukai dan harus Anda coba.
Seperti namanya, Kupat Tahu Mangunreja memang berasal dari Kampung Toblong, Kecamatan Mangunreja. Warungnya terletak di Kawasan Mangunreja, dekat Kantor Polres Tasikmalaya, di pinggir Jalan Raya Tasikmalaya-Garut KM 2.
Potongan ketupat dicampur dengan tahu goreng panas dengan bumbu kacang untuk membuat kupat tahu Mangunreja. Bumbu kacang resep keluarga yang kaya rempah adalah kunci cita rasa dari kuliner ini. Tekstur ketupat tahu Mangunreja yang cukup padat, dengan tekstur bumbunya kuat karena ciri khas  kacang tanah yang tidak ditumbuk.

Nasi Cikur

Tidak mengherankan bahwa banyak makanan yang dibuat dengan nasi di Tasikmalaya, termasuk nasi TO atau tutug oncom yang terkenal. Namun, selain nasi TO, terdapat juga satu olahan nasi yang tak kalah populer dan lezat, yakni nasi cikur. Cikur merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat Sunda untuk menyebut kencur. Nasi cikur adalah varian nasi yang dimasak dengan kencur . Di Tasikmalaya, banyak penjual yang menawarkan nasi cikur, seringkali sebagai variasi menu dari penjual nasi TO.

Baca Juga  Rekomendasi Kuliner Viral di Kabupaten Bandung

Es Bojong

Minuman khas Tasikmalaya ini sangat direkomendasikan buat berbuka puasa di Kota Tasikmalaya. Es Bojong namanya. Bukan rahasia kembali jika sajian sirup legendaris ini punyai cita-rasa yang menyegarkan. Dengan isi buah-buahan, kelapa muda, tape ketan, dan segarnya sirup membuat sajian ini dijamin cocok diminum saat cuaca tengah panas. Dinamakan Es Bojong karena lokasi jualan yang wilayah Bojong. Tetapi, sekarang Es Bojong dapat diketemukan nyaris di segala penjuru kota. Salah satunya warung Es Bojong yang populer ialah Warung Es Bojong Ibu Momoh. Es Bojong masih termasuk ramah kantong. Harga sekitar di antara Rp10.000 – Rp20.000 di Ibu Momoh.

Es Cendol Elizabeth

Penyuka minuman manis gurih pasti kenal dengan cendol. Sajian yang berasal dari campuran tepung aci, gula kelapa dan daun suji sebagai pewarna hijau ini sering dikonsumsi pada siang hari atau untuk sajian takjil kala buka puasa tiba. Es Cendol Elizabeth adalah merek cendol terkenal di Bandung, Jawa Barat.  Selain di Bandung, Es Cendol Elizabeth semakin populer di daerah lain. Salah satunya di Tasikmalaya, yang masih sangat disukai hingga saat ini.

Soto Ayam Pataruman

Jika menyukai makanan berkuah, Anda wajib coba hidangan ini. Di Indonesia, ada banyak resep soto khas dari setiap daerah. Di Tasikmalaya sendiri kalian bisa mencicipi Soto Ayam Pataruman. Disebut Pataruman karena kuliner khas Tasikmalaya ini dijajakan di kedai yang berada di Jalan Pataruman. Dengan kuah santan yang gurih dengan berbagai jenis daging, seperti ati, ampela, ceker, dan daging ayam, antara lain.

Rengginang

Salah satu cemilan khas Tasikmalaya yang sangat disukai oleh keluarga adalah rengginang. Dimulai dengan beras ketan dimasak sampai matang dan kemudian dibentuk bulat tanpa dihaluskan. Nasi ketan kemudian dicampur dengan terasi dan bawang putih sebagai bumbu penyedap untuk memberikan cita rasa yang unik. Setelah dicetak, bola nasi dijemur hingga kering sebelum digoreng. Proses penggorengan ini memberikan tekstur rengginang yang renyah dan gurih, menjadi cemilan yang sangat disukai oleh banyak orang di Tasikmalaya dan sekitarnya.

Author

Biasa di panggil Widy. Saat ini masih dalam proses menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sangga Buana, Bandung. Selain kuliah, Widy merupakan Freelance SEO Writer yang sangat menyukai industri kuliner dan lifestyle. Semoga tulisan Widy bermanfaat!

Share this article

Related Post