Selain Bromo, 6 Wisata Alam di Malang yang Wajib Kamu Kunjungi!

by | Sep 13, 2023 | Travel

Malang, salah satu kota tercantik di Jawa Timur, dikenal luas karena Gunung Bromo yang megah dan menakjubkan. Namun, keindahan alam ini tidak hanya terbatas pada Bromo. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik dan mempesona yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda mencari pengalaman alam yang berbeda dan ingin menjelajahi sisi kurang terkenal dari Malang, inilah enam destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi.

Coban Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu, yang lebih dikenal sebagai Niagara-nya Jawa Timur. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Warga dari kedua kabupaten ini sering menyebutnya Grojogan Sewu, Coban Grojogan Sewu, Coban Tumpak Sewu, atau Coban Sewu. 

Coban Sewu menjadi obyek wisata air terjun paling indah di Malang yang hits dengan pesona alam menakjubkan. Rasa penat dan jenuh dengan suasana perkotaan yang bising tidak akan anda rasakan ketika mengunjungi air terjun satu ini. Kabupaten Malang memang terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai hingga air terjun mempesona.

Coban Rondo

Coban Rondo merupakan salah satu air terjun paling menakjubkan di Malang yang tersembunyi di lereng Gunung Panderman. Dengan ketinggian sekitar 84 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Kedamaian dan keindahan alam  di sekitar air terjun ini menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai sambil mendengarkan suara  air yang jatuh dari atas.

Coban Rondo juga memiliki area piknik yang nyaman sehingga Anda dapat membawa bekal  makan siang dan makan siang luar ruangan yang menyenangkan. Suasana sejuk dan segar di sini menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai dan memulihkan tenaga.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur, dengan ketinggian  sekitar 200 meter. Kedekatannya dengan Gunung Bromo menjadikannya pilihan  ideal untuk dikunjungi setelah menjelajahi Bromo. Petualangan berjalan kaki di  air terjun ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus menempuh jalur pendakian yang sulit namun usaha tersebut pasti akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah. Saat  berjalan di bawah derasnya air terjun, Anda akan merasakan sejuknya air segar. Jangan lupa membawa perlengkapan yang tepat seperti jas hujan atau jas hujan karena Anda bisa basah kuyup di bawah air terjun yang begitu besar. 

Baca Juga  5 Destinasi Wisata Terfavorit Libur Hari Raya Idul Fitri

Paralayang Batu Malang

Paralayang adalah salah satu olahraga yang menggunakan parasut untuk melakukan aktivitasnya. Paralayang di Malang terletak di kawasan Gunung Banyak sebagai titik keberangkatan dan kawasan Songgoriti sebagai tempat pendaratannya. Anda dapat merasakan sensasi terbang di atas langit Kota Bunga sambil menikmati pemandangan Gunung Arjuno dan Gunung Kawi yang megah. Pengalaman paralayang di Batu, Malang, adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan keindahan alam dan kegembiraan petualangan yang khas dari kota ini.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai eksotik di Malang Selatan yang wajib Anda kunjungi. Dengan ombak yang ramah selancar dan pasir putih yang luas, pantai ini sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai. Yang membedakan Pantai Balekambang adalah tiga pulau kecil yang mengelilinginya, masing-masing terdapat pura kuno yang bisa Anda kunjungi dengan perahu.  Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan damai sehingga Anda bisa sekaligus mengagumi sekaligus menikmati suara deburan ombak. Jika  beruntung, Anda bahkan bisa menyaksikan matahari terbenam yang spektakuler di pantai Balekambang.

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan hutan pinus yang asri dengan suasana tenteram dan menenangkan. Bertengger di lereng Gunung Panderman, hutan ini sangat cocok untuk bersantai, berfoto,  bahkan piknik bersama keluarga atau teman.

Salah satu momen yang paling dinantikan di Hutan Pinus Pengger adalah  matahari terbenam. Saat matahari mulai terbenam di balik pepohonan pinus yang tinggi, Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Ini adalah pengalaman yang sangat romantis dan cocok untuk pasangan yang mencari tempat nongkrong.

Penutup

Meski Gunung Bromo menjadi daya tarik utama  Malang, kota ini juga menyimpan banyak  wisata alam yang menarik. Dari air terjun yang memukau hingga pantai-pantai eksotis, Malang memiliki daya tarik bagi pecinta alam. Jadi, ketika  berkunjung ke Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui keindahan alam  di luar Bromo. Pilihan destinasi ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dan akan membuat perjalanan Anda ke Malang semakin indah. 

Author

Biasa di panggil Widy. Saat ini masih dalam proses menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sangga Buana, Bandung. Selain kuliah, Widy merupakan Freelance SEO Writer yang sangat menyukai industri kuliner dan lifestyle. Semoga tulisan Widy bermanfaat!

Share this article

Related Post