Wisata di Jawa Barat yang cocok untuk Healing

by | Nov 9, 2023 | Travel

Jawa Barat merupakan provinsi dengan banyak tempat wisata alam yang sangat bermanfaat untuk  healing. Dengan pemandangan alam yang indah, hijaunya hutan dan ketenangan, beberapa destinasi wisata di Jawa Barat cocok untuk menghilangkan stres dan rasa damai. Berikut  beberapa destinasi wisata di Jawa Barat yang cocok untuk healing

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu destinasi populer bertema alam  yang terletak di kawasan Bandung. Terletak di kaki Gunung Patuha, tepatnya di Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  sekitar 50 km sebelah selatan  Kota Bandung. 

Kawah Putih merupakan objek wisata alam yang terdiri dari kawah vulkanik berwarna putih kehijauan  berpadu dengan batu kapur putih yang mengelilinginya. Seperti namanya, tanah  di kawasan ini berwarna putih karena adanya campuran unsur belerang. Air danau di kawasan tersebut juga berwarna putih kehijauan, yang bervariasi tergantung kadar belerang yang dikandungnya, dan di pegaruhi suhu, dan kondisi cuaca. Destinasi wisata alam, destinasi  Ciwidey ini menyuguhkan pemandangan malam kawah putih luas serta saat fajar pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbit. 

Green Canyon Pangandaran

Selain pantainya, salah satu tempat wisata alam Jawa Barat tepatnya di Pangandaran yang  paling banyak diminati wisatawan adalah Green Canyon Pangandaran. Green Canyon  awalnya  diberi nama Cukang Taneuh oleh masyarakat setempat yang berarti jembatan darat, karena di lokasi ini terdapat jembatan darat selebar ±3 meter yang terbentuk secara alami melalui proses alami yang menghubungkan menghubungkan dua tebing sungai.

Kawasan dengan ekosistem batuan kapur yang berpori ini menampilkan beragam keanekaragaman hayati  yang  indah dan kaya akan ekosistem. Salah satu keistimewaan Green Canyon menawarkan beragam aktivitas wisata, mulai dari berperahu bagi wisatawan yang sekadar ingin  menikmati pemandangan alam, hingga berenang, body rafting, terjun kedalam air, dan penjelajahan tebing bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan memacu adrenalin.

Pantai Madasari

Masih disekitar pangandaran, salah satu destinasi ini dapat Anda kunjungi jika ingin healing dan menenangkan diri. Pantai di ujung barat Pangandaran ini merupakan salah satu pantai eksotis tersembunyi yang kini mulai banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini dikelola oleh masyarakat setempat dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk berburu matahari terbenam. 

Baca Juga  5 Destinasi Wisata Terfavorit Libur Hari Raya Idul Fitri

Keindahan Pantai Madasari menyuguhkan panorama pantai yang dipadukan dengan tanaman hijau disekitarnya serta hamparan luas Desa Masawah. Pantai ini memiliki keunikan bebatuan berbentuk  bukit dan daratan yang menjorok ke laut.

Aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung di pantai ini adalah bermain air di tepi pantai, berfoto, menikmati suasana pantai, mancing batu, dan memanggang ikan. Pantai Madasari sangat cocok dijadikan tempat berkemping. Di kawasan ini banyak terdapat padang rumput yang bisa dijadikan camping ground. 

Curug Panetean

Salah satu daya tarik wisata di Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, adalah Curug Panetean. Curug Panetean memukau pengunjung dengan keindahan air terjunnya yang dikelilingi oleh batu-batu dan air yang jernih. 

Tempat ini cocok untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari karena lingkungannya yang masih sangat asri. 

Aliran sungainya yang jernih seperti kolam renang alami menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata terbaik. Bentuknya tidak seperti sungai biasa dengan pasir dan batu di bawahnya. Sungai yang mengalir melalui Curug Panetean memiliki dasar yang rata dan airnya murni seperti air mineral. 

Telaga Nilam Kuningan

Salah satu tempat wisata di Kuningan yang masih memiliki pesona keindahan adalah Telaga Nilam, atau lebih sering disebut sebagai Telaga Nilem. Danau ini memiliki air jernih seperti kaca.

Wisatawan juga dapat menikmati kesejukan alami yang menenangkan di udara yang masih bersih dan segar. Karena lokasinya yang mudah dijangkau, tempat ini dapat menjadi pilihan liburan akhir pekan yang bagus.

Telaga ini memiliki kedalaman tiga meter dan terlihat seperti hamparan kaca hijau bening dengan kerikil, bebatuan, lumut, dan ganggang di sekitarnya. Banyak wisatawa yang mengunjungi telaga yang indah ini untuk mandi dan juga menyelam dan snorkeling.

Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso merupakan salah satu air terjun yang ada di Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Air Terjun Cikaso ini salah satu Hidden Gems lho, cocok banget buat Anda yang ingin bersantai. Anda akan disuguhi pemandangan air terjun 3 jalur yang sangat indah, bersih dan jernih. Selain itu tempat ini juga mempunyai suasana yang sejuk dan menyegarkan berkat keindahan pemandangan alam sekitar serta gemericik air di sekitar air terjun. Air Terjun Cikaso memiliki tebing setinggi sekitar 100 meter dan tinggi hampir 80 meter. Air yang jatuh tergantung pada ketinggian aliran air, kolam dan air di danau akan berwarna hijau karena tumbuhnya alga di kolam tempat air mengalir. 

Widy Rahayu

Widy Rahayu

Author

Biasa di panggil Widy. Saat ini masih dalam proses menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sangga Buana, Bandung. Selain kuliah, Widy merupakan Freelance SEO Writer yang sangat menyukai industri kuliner dan lifestyle. Semoga tulisan Widy bermanfaat!

Share this article

Related Post